Apa Itu Invisible Option?

Invisible Option adalah pilihan yang tidak tampak atau pilihan yang paling cepat untuk diputuskan oleh setiap orang. Saya menyebutnya sebagai Invisible Option karena pilihan ini merupakan pilihan yang tidak memerlukan alasan apapun untuk dipilih. Invisible option adalah garis START pada lomba lari yang tidak memerlukan usaha apapun untuk dapat berdiri disana.

Bagaimana penjelasannya, saya ilustrasikan melalui cerita sebagai berikut:

Amir adalah seorang Agen Asuransi Pendidikan yang sedang menemui seorang calon konsumen. Setelah melalui beberapa puluh menit presentasi produk dan manfaat, mereka berdua lalu melakukan simulasi angka kebutuhan yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa calon konsumen membutuhkan sejumlah dana untuk kebutuhan kuliah anak pertamanya sebesar 400 juta pada jangka waktu tertentu.

Si Agen mengkalkulasi paling tidak calon konsumen ini harus menyediakan dana sebesar 4 juta per bulan agar dapat mewujudkan harapan menyekolahkan anaknya pada perguruan tinggi tertentu selama jangka waktu tersebut. Artinya :

4 Juta per bulan akan dapat diambil manfaat sebesar 400 juta pada jangka waktu tersebut.

Masalahnya adalah, si konsumen tidak sanggup menyediakan uang sebesar itu setiap bulannya. Dia hanya sanggup memenuhi kewajiban setiap bulan sebesar 2 juta rupiah, sehingga kalkulasinya berubah menjadi :

2 juta per bulan akan dapat diambil  manfaat sebesar 200 juta pada jangka waktu tersebut.

Dengan hasil kalkulasi tersebut, calon konsumen berkata kepada si Agen: “Berarti tak ada manfaatnya bagi saya membeli polis asuransi anda. Kebutuhan saya adalah 400 juta, namun sesuai kalkulasi kemampuan saya membayar 2 juta per bulan maka saya hanya mendapatkan 200 juta pada jangka waktu itu. Masih kurang 200 juta kan?. Lalu apa manfaatnya bagi saya?”

Apa yang coba hendak dikomunikasikan oleh calon konsumen tersebut tanpa disadari dia telah memilih alternatif invisible option yaitu pilihan yang tidak tampak.

Sekilas tampak hanya mengerucut pada 2 pilihan yaitu: Pertama, 4 juta dengan manfaat 400 juta, Kedua, 2 juta dengan manfaat 200 juta. Jika memilih opsi pertama, calon konsumen tidak memiliki uang sebanyak itu namun jika memilih opsi kedua, masih terdapat kekurangan biaya yang dibutuhkan.

Namun, sesungguhnya ada opsi ketiga yang tidak pernah disentuh. Opsi ini tanpa disadari selalu ada, tidak tampak secara jelas dan sangat merakyat, yaitu :

0 rupiah dengan manfaat 0 rupiah pada jangka waktu tersebut.

Inilah yang disebut sebagai invisible option, atau pilihan tak tampak.

Sekarang, calon konsumen dapat memilih salah satu dari ketiga opsi yang telah mengerucut tersebut. Memilih opsi pertama adalah pilihan ideal baginya, memilih opsi kedua adalah pilihan rasional baginya, atau pilihan ketiga yang merupakan posisi dia saat ini.

Berdasarkan ilustrasi cerita diatas, dapat kita simpulkan bahwa selalu ada pilihan untuk bertindak. Semuanya kembali pada keputusan anda sendiri dalam memilih tentu saja dengan resiko masing-masing yang harus anda hadapi pula.

Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s