Stock Opname. Bukan Menginap di Rumah Sakit Lho..

Pernah suatu ketika saya menulis status di facebook; Alhamdulillah, stock opname telah selesai. Komentar bermunculan dari kawan-kawan yang kebanyakan menanyakan siapa yang opname di rumah sakit?? Hehe..kalau ingat jadi geli sendiri. Sebenarnya stock opname tidak ada hubungannya dengan penyakit atau perawatan di rumah sakit. Tapi bisa dimaklumi memang istilah ini jarang diketahui masyarakat luas. Lalu apa itu stock opname??

Saat anda berbelanja di supermarket/minimarket mungkin sempat terlintas di benak anda bagaimana pengelola bisa mengontrol barang-barang sedemikian banyak? Apakah barang yang hilang dapat terdeteksi oleh pengelola/pemilik? Lalu bagaimana caranya? Apakah setiap hari barang-barang ini dicek jumlahnya? Dengan jumlah karyawan sedikit ini apa bisa mengetahui ada barang yang kelebihan atau telah berkurang? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut diistilahkan dengan Stock opname.

Stock opname adalah salah satu teknik pengendalian barang dalam bisnis minimarket/supermarket. Tujuannya adalah mengontrol kesesuaian jumlah barang secara fisik lalu dicocokkan dengan data di komputer dengan menggunakan program atau software khusus. Software ini dapat anda pesan melalui programmer komputer atau bisa pula membeli dari konsultan minimarket/supermarket yang anda sewa jasanya.

Stok di komputer harus sama dengan barang fisik yang dipajang (adjustment stock). Jika terjadi perbedaan berarti telah terjadi kesalahan. Kesalahan tersebut dapat terjadi pada saat stock opname, kesalahan input barang di komputer, kesalahan kasir saat melakukan transaksi, atau telah terjadi pencurian barang oleh seseorang. Selisih yang terjadi bisa plus bisa pula minus. Kasus yang paling sering terjadi adalah minus.

Walaupun tampak sederhana, melakukan stock opname seringkali membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikannya apalagi jika jumlah barang yang dijual sangat beragam dan banyak. Untuk satu jenis merek barang saja bisa memiliki beberapa varian sehingga inti ketelitian stock opname adalah pada bar code barang. Bar code adalah diagram batang dengan kode-kode angka dibawahnya yang merupakan kode khusus barang tersebut. Merk yang memiliki variasi barang hampir bisa dipastikan memiliki bar code berbeda, misalnya: Gudang garam filter dengan Gudang garam slim memiliki nomor bar code yang berbeda. Saat melakukan stock opname, menulis bar code diyakini lebih baik daripada menulis merk barang secara rinci. Hal inilah yang membuat proses stock opname tidak bisa diselesaikan dalam waktu cepat karena dalam satu produk bisa saja terdapat 13 angka bar code.

Lalu bagaimana melakukan stock opname agar lebih efektif dan efisien?? Ada satu tips untuk anda saat melakukan stock opname. Jika misalnya anda mentargetkan stock opname selesai tanggal 8, maka anda harus mengerahkan seluruh karyawan yang ada untuk mencatat nama barang beserta bar codenya sejak tanggal 1; dicicil sedikit demi sedikit dan harus selesai pada tanggal 5. berikutnya tanggal 6 hingga 8 dapat dilakukan pencocokan data barang pada komputer.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

5 responses to “Stock Opname. Bukan Menginap di Rumah Sakit Lho..

  1. saya stock opname setiap hari..hehe
    peace

  2. Apanya yg di stock pak?? hehehe…

  3. kalau lagi stock opname ,apa penjualan di stop dulu ya ,soalnya ntar barang di beli dikirain hilang lagi.

  4. Istilah Stock Opname berasal dari Bahasa Belanda, bahasa Inggrisnya Stocktaking. sering kali orang salah mengucapkan istilah stock opname tersebut.

    Banyak orang mengucapkan kata opname menjadi opneim seperti mengucapkan kata name (nama) dalam bahasa Inggris, ada juga yang mengucapkannya dengan opnam.
    Kata opname dalam istilah stock opname seharusnya diucapkan seperti apa adanya atau seperti yang terulis, dengan bunyi huruf e seperti mengucapkan bunyi eu dalam bahasa Sunda

  5. hahahaa, baru sadar. terimakasih informasinya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s