Lokasi Strategis (2)

Menyambung topik sebelumnya, hal lain yg perlu diperhatikan antara lain:
Kepadatan Penduduk. Daerah padat penduduk adalah tempat yang bagus untuk mendirikan minimarket karena sangat menentukan keberhasilan sebuah minimarket.
Anda juga perlu memperhatikan penghasilan rata-rata penduduk sekitar khususnya mereka yang tinggal di Ring 1. Ring 1 adalah masyarakat yang tinggal atau menetap di wilayah sekitar minimarket sejarak paling jauh 500 meter. Cara menentukan penghasilan rata-rata penduduk sekitar tidaklah sulit. Indikatornya adalah 1) bentuk bangunan atau rumah penduduk, 2) Ada tidaknya pembantu rumah tangga, 3) Aktifitas sehari-hari warga, 4) Jumlah kendaraan bermotor di setiap rumah/keluarga, Cara sederhana ini perlu dilakukan karena percuma saja anda mendirikan minimarket jika warga yang tinggal di Ring 1 daya beli masyarakatnya rendah.
Setelah itu anda kalkulasi kembali kemampuan anda bersaing dengan toko-toko sekitar khususnya di Ring 1. Tips khusus dari saya, jangan terkecoh dengan penampilan sebuah toko. Sebuah toko yang tampak kecil dan dekil bisa saja menjadi langganan banyak orang karena harganya murah. Ternyata Banyak masyarakat yang tidak mempersoalkan faktor ini selama toko tersebut tidak menjual makanan. Berbeda dengan minimarket dimana hamper 70% produk yang dijual adalah produk makanan. Artinya sebuah minimarket wajib memperhatikan masalah kebersihan tempat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s